Sabtu, 07 Juni 2025

Hasil Telaah Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD | Tugas PPA Umum Topik 1 Teks 3 | PPG Guru Tertentu Tahap 1 2025 | Riska Wahyu Putri, S.Pd

 Hasil Telaah Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD | Tugas PPA Umum Topik 1 Teks 3 | PPG Guru Tertentu Tahap 1 2025 | Riska Wahyu Putri, S.Pd, LPTK : Universitas Widya Dharma Klaten

Berikut adalah hasil kerja saya, mohon untuk para pembaca/Bapak Ibu guru teman sejawat untuk dapat melihat, membaca lalu berkenan memberikan saran dan kritik, terimakasih.


TUGAS MODUL 1

Pembelajaran Mendalam dan Asesmen (Umum)

 

Nama              : Riska Wahyu Putri, S.Pd. No. UKG                  202000895707

Instansi            : SMP Negeri 1 Kendal

LPTK               : Universitas Widya Dharma Klaten NIM                          2501091752

Topik               : Menelaah prinsip dan konsep Understanding by Design dalam merencanakan pembelajaran

Sub Topik       : Menelaah dengan prinsip Understanding by Design.

 

Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu guru miliki. Ajaklah teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan pembelajarannya dengan mengisi rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.

Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD

 

Item Pernyataan

Sudah

Belum

 

Langkah 1. Menentukan Tujuan Pembelajaran

 

Saya mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks nyata.

 

 

 

Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik.

 

 


 

Saya mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata.

 

 

 

 

Saya merumuskan pertanyaan esensial yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep dan merumuskan pemahaman mereka sendiri.

 

 

 

 

Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian pembelajaran.

 

 

 

Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam berbagai kategori kemampuan peserta didik.

 

 

 

Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran

 

Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran.

 

 

 

Saya merancang rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja.

 

 

Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

 

 

Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran.

 

 

 

Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik.

 

 

 

Saya     mengumpulkan      data     asesmen      untuk     mengetahui perkembangan pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan

sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan.

 

 

 


 

Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran

 

Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran.

 

 

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep secara mendalam.

 

 

Saya memilih strategi pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen.

 

 

Saya memilih model/metode/pendekatan pembelajaran yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

 

Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata.

 

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik.

 

 

 

Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning.

 

 

Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk mencapai konsep-konsep esensial.

 

 

Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi rubrik checklist? Berdasarkan rancangan pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?



Setelah saya mengisi rubrik checklist, saya mengetahui bahwa rancangan pembelajaran saya cukup sesuai dengan prinsip UbD, seperti dalam hal menentukan TP, merancang kefiatan belajar siswa dan menggunakan asesmen secara bertahap dalam proses pembelajaran.

Namun, ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki, seperti TP yang saya buat belum mencakup semua kemampuan siswa, masih terfokus pada pengetahuannya saja, rubrik tentang kriteria penilaian sudah dibuat, akan tetapi belum cukup baik.

Penilaian yang saya gunakan masih banyak dalam bentuk tertulis, anak-anak belum terlalu mengeskplorasi melalui kegiatan praktik/ aksi nyata, padahal siswa dapat mempelajari pelajaran yang berguna dan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Saya masih perlu untuk lebih mengenali kemampuan siswa di awal terlebih dahulu, lalu menyesuaikan kegiatan pembelajaran agar semua siswa dapat mengikuti kegiatan belajar dengan baik dan sesuai kebutuhan masing- masing.

Selanjutnya, saya masih perlu memastikan dan membimbing anak- anak agar mereka memahami/mengerti bahwa kegiatan pembelajaran tidak hanya mengerjakan soal/latihan, tetapi juga membantu siswa memahami inti dari pelajaran tersebut.



Tugas saya dalam bentuk pdf
PPA Umum Topik 1 Teks 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar